Advertise Here:

Advertise Here:

Iya. Memang dua tahun yang lalu saya update blog ini. Anda bisa lihat tulisan saya yang terakhir di tanggal 15 maret 2014. Itu tulisan saya pada waktu saya masih membuka usaha kedai kopi di ngunut Tulungagung.  Selain ada tulisan membuat landing page di beberapa bulan yang lalu saya buat di sini juga.

Sebenarnya mungkin bukan karena banyaknya blog yang saya kelola saat itu hingga saat ini saya sangat jarang sekali nulis artikel lagi, melainkan ke lebih kurang produktifnya saya menulis setiap harinya. Jadi, masih terlalu sedikit tulisan yang saya hasilkan. Itupun, tidak setiap hari saya menulis karena saya belum bisa menjaga motivasi agar saya bisa tetap semangat menulis.  

Disamping itu, banyaknya blog yang saya buat juga membuat blog-blog tersebut tidak terkelola dengan baik. Saya hanya mempriortiaskan blog-blog yang saya pakai untuk toko online seperti Toko Online Perlengkapan TNI POLRI yang saya buat sejak tahun 2013 yang lalu. 

Selain itu saya juga harus tetap mengupdate di Toko Perlengkapan Militer saya yang satunya.  Saya terus berusaha untuk bisa update artikel-artikel yang ada disana baru setelah itu saya menulis di blog lain kalau masih semangat. Itupun sangat jarang sekali bisa kesampaian untuk menulis lagi di blog lain.

Saat ini, bersamaan dengan itu juga saya harus membranding tas militer produk saya dengan merek yang baru dan saya harus membuatkan satu blog representativenya serta juga membuat sistem distribusinya untuk bisa di jual ke reseller atau distributor yang ada di daerah-derah. Ini mungkin masih untuk yang pertama kalinya buat saya. Tapi saya rasa ini merupakan tantangan buat saya. Saya merasa tertantang apabila ada hal lain yang belum pernah saya lakukan. Disamping itu, produk tas army yang kami jual selama ini sudah di terima pasar dengan baik. Sebagian besar konsumen kami merasa puas dengan produk kami. Maka dari itu, saya beranikan diri untuk memulainya. 

Sementara itu, saya juga terus berusaha membuat bisnis baru yaitu toko mainan edukasi anak atau yang biasa di sebut dengan alat peraga edukasi untuk anak paud dan tk. Di bisnis yang baru ini saya harus mengkoordinasikan dan merancang sedemikian rupa sistem bisnisnya mulai dari pengadaan bahan baku, produksi hingga pemasaran.  

Seperti biasa, marketing menjadi hal yang harus saya handle agar semua berjalan dengan maksimal. Sampai sekarang ini, progresnya sampai kesiapan produksi dan sistem. Untuk pemasaran masih belum berjalan karena belum ada website dan marketing yang nantinya akan sama-sama berjalan dengan marketing dari produk tas sekolah yang selama ini saya produksi.

Sedangkan untuk bisnis yang lain saat ini saya sedang mencoba berjualan toko baju muslim baik pria dan wanita secara online juga. Tidak terburu-buru. Tapi buat sampingan juga. Saya punya target yang tidak begitu cepat untuk bisa besar. Satu tahun paling tidak, mulai dari nol harus bisa mendapatkan pelanggan agar bisa ada closing dan bisa terus survive. Itu minimalnya. Prinsi saya masih sama dengan yang dulu, bagaimana bisa survive kalau tidak ada closing dari marketing. Maka dari itu, marketing dimana-mana selalu menjadi ujung tombak perusahaan agar tetap bisa eksis dan maju pesat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top